Melalui
program kemitraan yang telah memasuki tahun ke empat, para pelanggan dari
premium retailer fashion, Club 21, dapat menikmati fashion season untuk musim
gugur dan dingin tahun 2015. Tidak hanya menikmati berbagai produk fashion
terbaik, pelanggan juga dapat berpartisipasi untuk membuat perubahan melalui
sebuah langkah kecil dengan melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu
MasterCard pada store Club 21 tertentu.
Dengan
program Purchase with Purpose™ yang akan dimulai pada tanggal 1 Agustus hingga
30 September 2015 ini, setiap transaksi yang dilakukan dengan kartu MasterCard
akan disisihkan donasi sebesar USD10 (IDR133.000) kepada Yayasan Mitra Mandiri
Indonesia. Hasil donasi tersebut akan digunakan untuk mendanai serangkaian
pelatihan bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama bagi kaum wanita.
Pelatihan ini bertujuan untuk mengasah keterampilan kaum wanita serta
memberdayakan mereka agar dapat memperoleh pekerjaan dengan pendapatan yang
lebih baik.
Tahun
lalu, dana yang terkumpul melalui inisiatif MasterCard Purchase with Purpose
ini digunakan untuk mendanai program pelatihan produksi garmen oleh Yayasan
Mitra Mandiri Indonesia yang diikuti oleh 110 wanita. Dengan keterampilan
menjahit, menyablon, serta kreativitas dalam mendaur ulang yang lebih baik,
berbagai manfaat yang diperoleh dapat menjadi bekal bagi mereka untuk
mendapatkan kesempatan bekerja yang lebih baik yang pada akhirnya dapat
meningkatkan pendapatan rumah tangga mereka.
Program
Purchase with Purpose dilaksanakan pada store Club 21 pilihan di Indonesia,
Australia, Hong Kong, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan Singapura. Tahun ini,
mitra lokal dari program tersebut ialah Yayasan Mitra Mandiri Indonesia, The
Social Studio (Australia), Hong Kong Women Development Association, Shelter
Home (Malaysia), Garden of Hope Foundation (Taiwan), Yuvabadhana Foundation
(Thailand), Nanyang Polytechnic (Singapore) dan Beautiful People (Singapura).
Sampai saat ini, kolaborasi antara MasterCard dan Club 21 telah memberikan
manfaat kepada lebih dari 10.000 wanita dan remaja. Program yang didukung oleh
para mitra tersebut termasuk program beasiswa untuk studi dan pelatihan,
pendanaan untuk jasa konseling, pelatihan desain dan karyawan, mentoring,
hingga bimbingan karir.
“Kami
sangat senang dapat berkolaborasi dengan Club 21 selama empat tahun
berturut-turut. Kami sangat berterima kasih dan menghargai para mitra yang
tersebar di seluruh wilayah dan selalu mendukung inisiatif kami yang telah
memberikan banyak manfaat kepada wanita dan anak-anak pada setiap tahunnya.
Survei kami yang bertajuk Berdonasi untuk Amal (Charitable Gving Survey) dan
Etika Berbelanja di Asia Pasifik (Ethical Shopping in Asia Pasific) telah
menunjukkan bahwa lebih dari setengah masyarakat di wilayah Asia Pasifik telah
melakukan donasi untuk amal setiap tahunnya.
Dari survei tersebut juga terlihat
bahwa kepedulian konsumen mengenai
manfaat sosial dari produk yang mereka beli telah meningkat. Hal ini tercermin
dalam program Purchase with Purpose yang menyediakan sarana yang nyaman bagi
masyarakat yang memiliki kepedulian untuk berdonasi dan beramal,” ujar
Georgette Tan, Group Head, Communications, Asia Pasifik.